Kamis, 09 Mei 2019

Usai Liga Champions, Liga Europa Juga Tampilkan All-English Final?


Sesudah Liga Champions, musim ini Liga Europa berkesempatan tampilkan pertandingan All-English Final atau semua finalis datang dari Inggris. 

Pertandingan final Liga Champions musim ini akan menghadapkan dua team yang datang dari Liga Inggris: Tottenham Hotspur serta Liverpool. 

Pertandingan dua team asal Inggris atau seringkali dimaksud All-English Finalsebenarnya jarang ada di Liga Champions. 

Hanya satu insiden itu ada di pertandingan final Liga Champions 2007-2008 antara Manchester United kontra Chelsea. 


Musim ini, tidak hanya di Liga Champions, Inggris dapat juga mengirim dua wakil di final pertandingan antarklub Eropa yang lain, Liga Europa. 

Arsenal menang 3-1 atas Valencia pada pertandingan pertama semi final sedang Chelsea bermain seri 1-1 di kandang Eintracht Frankfurt. 

Pertandingan ke-2 semi final akan berjalan nanti malam, Kamis (9/5) atau Jumat pagi hari WIB. 

Misal Arsenal serta Chelsea maju ke final, ini akan jadi pertama kali dalam riwayat ada empat team asal satu negara yang meluncur ke dua final paling tinggi pertandingan Eropa. 

Awalnya paling mentok, kita cuma sempat lihat tiga team dari empat club yang bertanding di final datang dari satu negara. 

Pertama-tama berlangsung pada 1980 waktu Frankfurt serta Borussia Moenchengladbach bertanding di All-German Final Piala UEFA sedang Hamburg kalah dari Nottingham Forest di final Piala Champions. 

Sepuluh tahun berlalu giliran Italia dengan kirim Juventus serta Fiorentina di final Piala UEFA dengan AC Milan menang atas Benfica di final Piala Champions. 

Dekade itu memang dapat disebut Italia begitu kuasai Eropa. 

Tiga team maju ke final diulang Italia tahun 1995 (AC Milan Liga Champions, Parma serta Juventus Piala UEFA) serta tahun 1998 (Juventus Liga Champions, Inter Milan serta Lazio Piala UEFA). 

Pada tahun 2008, tidak hanya final Man United kontra Chelsea, ada pertandingan Zenit St Petersburg yang menantang Rangers dari Skotlandia yang disebut sisi dari Inggris Raya. 

Sedang beberapa waktu paling akhir, Spanyol seperti jadi penguasa Eropa. 

Tahun 2014 serta 2016 mereka mengirim tiga wakil di final: Atletico serta Real Madrid di Liga Champions serta Sevilla di Liga Europa. 

Sekarang kelihatannya Inggris akan mulai kembali kuasai pertarungan di Eropa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar